Journal : PKL Sebulan di Daniel S. Lev Library !

by - Februari 05, 2023

 PKL Sebulan di Daniel S. Lev Library !




Hallo semuanya, long time no see. Di tengah kesibukan semester 6 dan bulan Ramadhan ini aku menyempatkan waktuku untuk menceritakan hari-hariku selama PKL di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev.

Pertama, mungkin ada yang bingung mengenai apa itu PKL? PKL adalah singkatan dari Praktek Kerja Lapangan yang dimana kegiatannya seperti layaknya magang pada umumnya namun dibawah pengawasan kampus. Dalam menjalankan PKL ini aku ga sendirian, ada 4 temanku juga yang tergabung dalam satu kelompok bersamaku.

Awalnya cukup sulit untuk menentukan tempat PKL karena kami telat mendapatkan informasi. Apalagi beberapa tempat tidak memberi kesempatan untuk menerima mahasiswa PKL karena pandemi. Sudah sekitar satu bulan kami menghubungi beberapa tempat dan masih kunjung belum mendapat jawaban. Lalu, aku mengingat bahwa salah satu selebgram yang satu jurusan denganku pernah melakukan PKL di Perpustakaan hukum Daniel S. Lev. Singkatnya, aku penasaran dan mengunjungi website dan sosial media milik Perpustakaan itu, dan setelah aku berhasil mendapatkan email, maka aku langsung bertanya via surel mengenai penerimaan PKL disana.

Dan, tak sampai seminggu aku sudah mendapat jawaban. Yap, Kami diterima. Setelah mengurus surat dan hal administrasi lainnya, akhirnya pada bulan november tanggal 29 kami memutuskan untuk bertemu Kepala pustakawan Daniel S. Lev di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev sekaligus survey disana. Kepala Pustakawannya bernama Pak Farli, beliau lulusan Universitas Indonesia. Untuk mahasiswa ilmu perpus yang sering mengikuti webinar dari Perpustakaan Nasional, sebenarnya kita mungkin tidak asing lagi pada beliau, Namanya sering tercantum sebagai narasumber-narasumber di webinar.

Rupanya perpustakaan tempat kami mengadakan PKL ini tidak sebesar yang kami pikirkan, kami yang terbiasa ke perpustakaan pusat uin atau perpustakaan nasional yang selalu melihat banyaknya rak koleksi, jauh berbeda dengan disini. Koleksi yang ada di dalam rak tidak begitu banyak. Karena Perpustakan Khusus rupanya tidak mementingkan kuantitas koleksi. Walaupun begitu aku cukup semangat saat survei ini.

    Walaupun harus Lelah melalui perjalanan yang begitu Panjang aku tetap semangat mengenai PKL ini. Perjalanan yang aku lalui menuju Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev yaitu, Pertama dari rumah aku akan menyewa jasa ojek online menuju stasiun depok baru, dari stasiun depok baru aku menuju stasiun Sudirman, dari stasiun Sudirman, aku akan berjalan kaki 600 m menuju bus stop untuk naik 6q. Dari bus 6q aku akan turun di bus stop depan puri imperium dan menyebrang, lalu masuk ke puri imperium melewati pos satpam depan. Belum sampai situ, aku masuk lewat basement, menuju pintu belakang, lalu naik escalator 2 kali atau naik 2 lantai dan sampailah didepan ruang kantor Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev. Perjalanan yang Panjang bukan?.

Selama PKL di sana aku dipenuhi pengalaman yang menyenangkan, kami diberi pekerjaan mulai dari input buku ke dalam buku induk di spreadsheet. Kami juga melakukan input buku ke Slims, labelling, hingga shelving. Kami juga belajar tentang kemas ulang informasi disana, buku yang sudah di input dan di shelving di lakukan kemas ulang informasi dengan bentuk infografis dan untuk promosi koleksi perpustakaan di laman sosial media Perpus Danlev ini.


Kami juga belajar lebih lanjut tentang literasi informasi disini, kami  diberi tugas menulis artikel, untuk literasi informasi, kami juga diberi tahu pengelohan sumber informasi elektronik milik Perpus Danlev yang penggunaannya hanya terbatas oleh pemustaka Danlev saja lho. Setelah kurang lebih sebulan, masa PKL kami pun selesai. Perpustakaan Daniel S. Lev memberi kami banyak kenangan dan bayangan untuk kami saat setelah lulus nanti dan berkerja di Perpustakaan. Masa PKL kami memang sibuk namun menyenangkan. Jika kalian ada yang minat untuk mampir ke Perpus Danlev kalian bisa datangi alamat berikut lho. 

Puri Imperium Office Plaza UG-16, JL. Kuningan Madya, Kav. 5-6, 12980, RT.6/RW.2, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12980

 

 

Ps. Terimakasih kepada Bu Ana dan Pak Farli selaku Pustakawan dan juga kak Futri selaku staff di Perpus Danlev yang sudah menerima saya.


You May Also Like

0 Comments

Label

Pengikut

Langganan